5 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR Mesti Kamu Ketahui

Diposting pada

5 Perbedaan Kamera SLR dan DSLR : Sebagai seorang fotografer, Anda perlu mengetahui kamera yang tepat. Ada dua jenis kamera yang biasanya menjadi andalan para fotografer, yaitu SLR dan DSLR. Untuk menentukan kamera yang tepat, fotografer tentunya harus mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan DSLR. jadi apa perbedaannya?

Kamera menjadi saksi ketika mata tidak bisa. Ekspresi yang berlebihan. Tapi kamera bisa menghidupkan cerita baru. Suatu momen mungkin berharga atau tidak tergantung pada hasil pandangan Anda. Oleh karena itu, pemilihan kamera sangatlah penting. Berikut adalah perbedaan antara kamera SLR dan DSLR:

5 perbedaan antara kamera SLR dan DSLR

1. Teknologi

SLR adalah singkatan dari Refleks Lensa Tunggal. Kamera ini sering disebut sebagai kamera SLR analog. Sedangkan DSLR dikenal dengan nama lengkap Digital Single Lens Reflex. Dari namanya diketahui bahwa DSLR sudah menggunakan sistem digital sedangkan DSLR masih menggunakan secara manual.

Padahal, SLR dan DSLR memiliki mekanisme kerja yang sama, yakni sama-sama mengandalkan pentaprisma untuk membentuk viewfinder. Cahaya yang masuk melalui lensa memasuki cermin dan dipantulkan kembali ke pentaprisma dan mendarat di film negatif (SLR) atau sensor (DSLR).

2. Penyimpanan

Seperti dijelaskan di atas, kamera SLR dan DSLR menggunakan tipe penyimpanan yang berbeda. Kamera SLR masih menggunakan memori berupa film negatif. Hasil gambar tidak dapat diurungkan atau diubah. Karena pengerjaannya manual, maka proses pencetakan juga harus dilakukan secara manual.

Berbeda dengan kamera DSLR yang semuanya serba digital. Gambar yang dihasilkan adalah file gambar yang memungkinkan Anda untuk mengedit dan membatalkan penyimpanan jika diperlukan. Karena proses kerjanya digital, maka proses pencetakan bisa dilakukan dengan mudah.

3. Fitur

Perbedaan paling jelas antara kamera SLR dan DSLR dapat dilihat dari segi fitur. Mekanisme kerja manual SLR mempengaruhi jumlah fungsi yang tersedia. Karakteristik SLR jauh lebih rendah daripada DSLR. Hasil gambar sangat ditentukan oleh keterampilan fotografer.

DSLR yang sudah mengadopsi sistem digital tentunya akan memiliki fitur yang lebih banyak. Pengaturan gambar dapat disesuaikan secara otomatis. Misalnya pengaturan pencahayaan, resolusi, keseimbangan dan masih banyak lagi. Beberapa kamera DSLR bahkan memiliki fitur movie mode.

4. Hasil Gambar

Tentunya dari uraian perbedaan diatas akan mempengaruhi hasil foto yang diambil. SLR dengan teknologi manual menghasilkan gambar yang lebih natural atau mendekati aslinya. Kamera ini sangat cocok untuk pemula, tetapi juga menjadi favorit para profesional karena gambarnya yang alami.

Dengan kamera DSLR yang menggunakan teknologi digital, hasil gambar menjadi lebih kompleks dan tidak praktis. Ini karena efek kamera dapat dengan mudah disesuaikan. Kamera ini cocok untuk dunia komersial. Misalnya, studio foto, fotografi fashion, fotografi makanan, dll.

5.Harga

Tentunya karena teknologi yang digunakan, kedua kamera ini memiliki harga yang berbeda. Tentu saja, itu tergantung pada merek yang Anda miliki. Lewat Tokopedia.com, kamera SLR termurah berada di kisaran harga Rs 3-6 crore.

Berdasarkan kemampuan lebih, kamera DSLR pasti akan memiliki label harga yang sedikit lebih tinggi. Menurut website Plazacamera.com, harga kamera DSLR termurah berkisar antara Rp 4 hingga 12 juta. Dari Canon dengan sensor 18MP hingga Nikon dengan sensor 24.2MP.

Meskipun ada beberapa perbedaan antara kamera SLR dan DSLR, ini tidak berarti bahwa yang satu lebih unggul dari yang lain. Setiap kamera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itu semua tergantung pada tujuan penggunaannya. Pilih dengan bijak, sesuaikan dengan keinginan Anda agar hasil yang disampaikan memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.