Penyebab Baterai Smartphone Bisa Meledak

Diposting pada

Penyebab ledakan baterai smartphone yang harus kamu waspadai: Belakangan ini banyak casing smartphone yang tiba-tiba meledak. Sebenarnya hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor. Salah satu yang paling berpengaruh adalah baterai, yang tidak tahan suhu terlalu tinggi. Overheating adalah penyebab utama masalah ini. Oleh karena itu, selalu pegang smartphone sejauh mungkin agar tidak mengalami panas yang berlebihan. Baterai yang meledak ini sangat berbahaya bagi lingkungan, termasuk orang-orang di sekitarnya.

Penggunaan pengisi daya dan baterai non-asli menjadi pemicu utama ledakan baterai. Karena itu, Anda harus mewaspadai segala kemungkinan yang dapat membuat ponsel Anda meledak. Mengetahui penyebabnya, Anda masih dapat menggunakan perangkat dengan aman dan tidak merusaknya dengan sia-sia. Selain itu, Anda juga dapat menghindari hilangnya nyawa akibat efek ledakan baterai. Nah berikut ini adalah ikhtisar lengkap beberapa penyebab baterai smartphone meledak.

Menggunakan pengisi daya non-ORI

Sebuah smartphone atau tablet biasanya dijual dalam bentuk kit dengan charger. Pengisi daya bawaan pabrik diatur agar daya yang dikirim sesuai dengan kebutuhan baterai. Menggunakan charger aftermarket akan mengakibatkan aliran arus yang tidak stabil ke smartphone dan ponsel akan lebih mudah panas, yang kemungkinan akan menyebabkan baterai mudah meledak.

Mengisi baterai penuh

Ledakan baterai dapat disebabkan oleh perangkat yang terlalu panas. Hal ini bisa disebabkan oleh pengguna yang terlalu lama mengisi baterai. Baterai yang ditagih berlebihan tidak lagi membuatnya cukup kuat untuk menampung aliran energi. Ini menyebabkan panas berlebih dan smartphone bisa meledak. Anda dapat menggunakan alarm sebagai pengingat waktu saat mengisi daya.

Baterai rusak

Baterai yang rusak dapat dikenali dari penipisannya yang cepat dan seluruh proses berlangsung dengan cepat bahkan setelah waktu pengisian yang singkat. Anda harus menyadari itu. Karena jika kondisi baterai rusak, masih akan ada sedikit fenomena overheating. Efek terburuknya adalah mudahnya perangkat meledak.

Menggunakan ponsel saat mengisi daya

Sangat disarankan untuk mematikan telepon saat mengisi daya. Dengan cara ini, aliran energi yang masuk ke ponsel lebih stabil dan pengisian daya lebih cepat. Jika ponsel terus digunakan saat sedang diisi dayanya, kemungkinan besar ponsel akan menjadi terlalu panas. Apalagi jika Anda menjalankan aplikasi berat dengannya. Jika overheating terlalu kuat, baterai smartphone Anda akan meledak.

Tempatkan di dekat sumber panas

Jauhkan smartphone dari sumber panas. Misalnya, dekat produk elektronik, tas sepeda motor, laci mobil. Hal ini dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Panasnya lingkungan dapat memicu reaksi negatif pada baterai smartphone. Anda harus terlebih dahulu mematikan telepon Anda jika Anda berencana untuk menyimpannya di tempat tertutup untuk menghindari panas berlebih.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa baterai ponsel Android bisa meledak. Saya harap Anda akan berhati-hati untuk tidak membiarkan situasi ini terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.